Kamis, 12 Februari 2015

Penanganan Luka Bakar


Luka bakar merupakan kecelakaan yang kerap terjadi dalam aktifitas sehari-hari. Mulai dari luka bakar kecil sampai luka bakar yang berbahaya dan mengancam jiwa. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan  awal luka bakar :

Matikan sumber luka bakar. Seorang yang sedang terbakar akan merasa panik, dan akan belari untuk mencari air. Hal ini akan memperbesar kobaran api karena tertiup oleh angin. Oleh karena itu, segeralah hentikan (stop), jatuhkan (drop), dan gulingkan (roll) orang itu agar api segera padam. Bila memiliki karung basah, segera gunakan air atau bahan kain basah untuk memadamkan apinya. Sedang untuk kasus luka bakar karena bahan kimia atau benda dingin, segera basuh dan jauhkan bahan kimia atau benda dingin. Matikan sumber listrik dan bawa orang yang mengalami luka bakar dengan menggunakan selimut basah pada daerah luka bakar

Prinsip awal penanganan luka bakar adalah irigasi. Bersihkan dan basahi luka dengan air bersih yang mengalir.  Ini bertujuan untuk melokalisir kerusakan jaringan agar tidak meluas. Siram dengan air mengalir selama kurang lebih 5-10 menit, tergantung keadaan. Luka bakar akibat apapun, inilah perawatan pertamanya. Jika terbakar akibat bahan kimia, air dapat berfungsi sebagai penetral dari bahan asam atau basa tersebut.

Kompres dengan air dingin. Berikan kompres dingin langsung ke daerah kulit yang terbakar.Kompres membantu mendinginkan luka dan mengurangi rasa sakit.Kompres dingin dapat dibuat dengan sepotong kain yang direndam dalam air es. Jangan gunakan es batu untuk mengompres.

Buka pakaian. Lepaskan pakaian, cincin, jam tangan, dan ikat pinggang. Kecuali bila pakaian melekat di tempat luka bakar. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah dalam penanganan medis nantinya. Dan juga untuk menurunkan suhu tubuh, terutama jika luka bakar akibat panas lingkungan (heat stroke).

Jangan membawa orang dengan luka bakar dalam keadaan terbuka karena dapat menyebabkan evaporasi cairan tubuh yang terekspose udara luar dan menyebabkan dehidrasi. Orang dengan luka bakar biasanya diberikan obat-obatan penahan rasa sakit dan obat antibiotik jika lukanya cukup dalam dan luas.

1 komentar:

  1. pon 4 dan 5 agak membingungkan, pada poin 4 di buka pakaian dan poin 5 jangan membiarkan terbuka? bisa dijelaskan lebih rinci maksudnya mbak?
    dan yang saya tahu heat stroke adalah keadaan dimana suhu tubuh melebihi 40 derajat celcius...
    terimakasih banyak atas infonya..

    BalasHapus